Week The 13th

Assalamu'alaikum, Fattah.. sedanag apa sekarang? :)
Alhamdulillah usia kandunganku sedang memasuki pekan ke 13. Ada apa di pekan ke 13. What will be happen? Well, this is it! Salah satu hasil dari searching di gugel,,

Week, The 13th!

gambarnya hasil unduhan. Besok baru mau ke dokter :)


Apa yang terjadi pada janin: 
Sidik jari janin sudah terbentuk di setiap jari-jemarinya. Percaya atau tidak, urat-urat syaraf dan organ tubuhnya terlihat jelas di balik kulitnya yang tipis. Ukuran kepalanya semakin membesar, besarnya sekitar sepertiga dari ukuran tubuhnya. Jika janin berkelamin perempuan, di rahimnya kini ada lebih dari 2 juta sel telur. Panjang tubuh janin Anda kini mencapai 6-7 cm, dengan berat mendekati 28 gram.

Apa yang terjadi pada ibu: 
Minggu ini adalah minggu terakhir trimester kehamilan Anda, dengan begitu risiko keguguran sekarang sudah lebih kecil. Sedangkan minggu depan kehamilan Anda memasuki trimester kedua. Inilah masa dimana semua keluhan-keluhan tak menyamankan, seperti morning sickness (mual di pagi hari) dan kelelahan, akan berkurang banyak. Kelahiran masih jauh beberapa bulan ke depan, tapi payudara Anda sudah siap untuk memproduksi kolostrum, cairan pertama berwarna kuning kaya zat gizi dan zat imun yang keluar dari payudara beberapa hari setelah Anda melahirkan. 

Minggu ini mengapa tidak:

Berbagi keinginan soal pengasuhan dengan suami: Untuk memulai diskusi, masing-masing dari Anda dapat memulainya dengan membuat dua daftar yang masing-masing berjudul; ’Ibuku selalu” dan ”Ibuku tak pernah”. Lalu buat juga daftar ”Ayahku selalu..” dan “Ayahku tak pernah”. Jika Anda berdua sudah selesai melengkapi daftar itu, diskusikan dan putuskan mana nilai-nilai yang akan Anda berdua anut dalam membesarkan buah hati nanti.  

Tahukah Anda? Sel-sel otak janin terbentuk selama ia berada di kandungan, dan saat janin lahir, sel-sel itu saling terkoneksi lewat stimulasi visual, motorik, bahasa dan sosial. Semakin banyak koneksi ini tersambung, bayi akan semakin belajar dan mengembangkan kemampuan kognitif dan daya ingatnya (memori).

Ini artinya, selama menjalani kehamilan Anda harus bersungguh-sungguh memperhatikan asupan makanan yang bisa membantu regenerasi sel di otaknya. Pastikan Anda mendapat cukup nutrisi, begitu juga sikecil di dalam kandungan sana!

0 komentar:

Post a Comment