Bikin Pempek Sendiri Yuuuk!

Nah, muslimah, ada yang suka pempek? Sesekali kita bikin sendiri yuuuuks!
Kemarin, Ang lagi maauuuu banged (pake nadanya wendi OVJ) Pempek, tapi gak boleh katanya, mengandung cuka. Sippo, kalau begitu bikin aja. Nanti cukanya diganti sama asam deh. Yes! Beli bahan-bahan, coba tanya-tanya resep, dan walaaaa.. Jadi deh! Suami senang, hati riang, perut kenyang! :P

Enak deh! Hanya saja Ang kurang bawang putih dan garam di bahan adonan pempeknya hee.. Tapi so far its good. Dont worry, tak ada yang teracuni.

Begini resepnya:

BAHAN ADONAN PEMPEK:
  1. 750 gr Sagu (Ang kemarin pake tepung sagu tani. Bilang aja begitu ke babang-babangnya, “bang beli sagu tani 1 kilo!” Harganya 9ribu sajaaa)
  2. 1 kg ikan gabus atau tenggiri giling (Nah, biasanya biar ikannya tetep kerasa, perbandingan antara ikan dengan tepung itu 1:1 yaah atau kurang dari itu.)
  3. 1 buah telur
  4. 1 gr susu bubuk (biar lebih gurih)
  5. 2 sdk makan minyak goreng
  6. 1 sendok makan bawang putih yang sudah dihaluskan (kalau ikannya masih terasa amis, tambah lagi aja bawang putihnya)
  7. Garam secukupnya
  8. Air es secukupnya (Kalo Ang kemarin gak ditambah air juga udah bisa karena ikannya aja udah basah, udah ada telur dan ada minyak)

CARA MEMBUAT ADONAN PEMPEK:
Campurkan semua bahan diatas hingga menjadi kalis (tidak lengket ditangan). Saran: tepungnya dimasukkannya jangan langsung semua yah, sedikit-sedikit aja jadi bisa dikira-kira sehingga tidak beresiko terlalu padat nanti. Setelah kalis, bentuk aja sesuai selera. Saran: dalam pembentukkan pempek, usahakan tangan dalam keadaan basah, jadi pempek mudah dibentuk, tidak pecah dan tidak lengket. Kalo Ang kemarin bentuk pempek lenjernya adalah lo-ve hee

Ayoo tinggal digoreeeng Pempek Cintanyaa \(^o^)/


CARA MEMBUAT PEMPEK:
Nah, kalau pempeknya sudah dibentuk. Masukan pempek itu ke dalam rebusan air yang sudah cukup panas. Tunggu saja sampai pempeknya mengambang (tandanya sudah matang). Ambil pempek yang sudah mengambang, lalu tiriskan. Setelah cukup tiris, goreng deh! Saran: jangan menggoreng di api yang terlalu panas. Nanti luarnya sudah matang, tapi dalamnya belom. Apinya sedang aje yee.

Nah, kalo sudah, yuks buat kuahnyaaaa:
BAHAN KUAH:
  1.     300-400 ml air
  2.     250 gr gula merah
  3.     2 sendok makan cabe rawit yang sudah dihaluskan
  4.     2 sendok makan udang halus / ebi
  5.     3 sendok makan bawang putih halus (kalau kurang suka, kurangi aja)
  6.     1 sendok teh garam
  7.     Asam jawa secukupnya

CARA MEMBUAT KUAH:
Panaskan air dengan api kecil lalu masukan gula jawa. Aduk-aduk dan biarkan sampai hancur. Setelah itu masukan asam, lalu bawang putih, dan bahan-bahan lainnya secara bergantian sambil diaduk-aduk. Cicipi sekali-sekali karena tiap orang kan selera kuahnya beda tuh. Kalau sudah cukup matang, matikan api dan sajikan deh bersama Pempeknyaa..

Jangan lupa ketimun dan mie nyaaa..
Selamat Mencobaaaa !! :D

Category: , 1 komentar

1 komentar:

Dhiba Ainisa Umarghanies said...

Kunjungan balasan.. :)

Wah, jadi pengen makan pempek.. Ijin kopas resepnya ya mbak :)

Post a Comment