Resep Roti Krim Kopi



Siapa yang gak tahu Roti B*y? Warung roti itu laku banget yah padahal cuman ngejual satu jenis roti. Enak banget rasanya. Nah, kemarin saya sempat coba bikin roti macam ini. Alhamdulillah dapet resepnya. Silahkan yang juga ingin ikut mencoba.

Oia, kemarin saya akui roti krim kopi buatan saya rada gagal (pake kata "rada" soalanya masih bs dimakan hee). So, di note ini saya kasih juga info :kenapa saya bisa kurang berhasil" hee.. Lumayah kan, temen2 bisa belajar dr kegagalan saya :P

Sumber:  Majalah Sedap Sekejap.
Bahan A:
500 gram tepung terigu protein tinggi (Kmrn sy pake tepung warung, mungkin akan lebih maksimal kalau kita pakai tepung cakra kembar krn dia tepung untuk roti)
220 ml air putih (gak selalu segini banyaknya, dikira2 aja sampai bener2 kalis)
11 gram ragi instan
2 butir telur
25 gram susu bubuk

Bahan B:
75 salted butter (kalau sudah nyari butter, gpp pakai mentega juga kok)
1 sdt garam

Isian :
160 gram salted butter, bagi menjadi 16 bagian @ 10 gram, bekukan. (Kalau liat di acara masaknya bu bondan, gak usah dibekukan. its ok)

Bahan Topping :
75 gram unsalted butter (boleh ganti pakai mentega)
100 g tepung gula
2 sdm kopi instan (saya kemarin pakai mocachino. Yah tergantung selera aja)
1 butir telur (nah, ini kayaknya butuh 2 deh, soalnya jadi kurang nempel dan kurang padat. Kemarin karena pakai 1 telur akhirnya topingnya gak begitu kranci. PAs nambahin telur jadi lumayan)
75 gram tepung terigu protein rendah (dikira2 aja sampai di adonan gak terlalu encer tp jg gak terlalu padat. Jangan sampai terlalu cair ya, krn nanti meleleh bgd pas di panggang.. malah gak ada yang nempel di atas rotinya #pengalaman T.T)
20 gram susu bubuk
1/2 sdt essence coffenoir (gak pake jg gpp)

- Campurkan semua bahan A, ulenin hingga kalis. Masukkan bahan B, aduk dan ulenin hingga rata dan elastis.
- Bulatkan adonan, diamkan 30 menit.
- Kempiskan adonan, buat timbang @ 60 gram, pipihkan, isi dengan butter, bulatkan kembali. Diamkan 45 menit.
- Topping : Kocok mentega, tepung gula, dan kopi instant sampai lembut, masukkan telur, kocok merata. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk dengan cara di 
ayak. Terakhir masukkan essence coffenoir, kocok hingga rata.
- Semprotkan adonan topping ke atas adonan roti dengan plastik segitiga (tambahan : bentuk melingkar seperti obat nyamuk bakar dari puncak roti sampai 3/4 ke 
bawahnya)
- Panggang dengan suhu 160 derajat celcius selama kurleb 13 menit.
TIPS: Kemarin awalnya nyoba seperti yang ditulis disini, yaitu setelah diisi butter, dibulatkan kembali, didiamkan 45 menit, lalu di beri toping. Tapi entah knp topingnya gak nempel-nempel banget padahal toppingnya udah cukup padat. Akhirnya suami sy bilang langkahnya keliru. Harusnya setelah di isi dan dibulatkan, trus dikasih topping aja. JAdi proses didiamkan 45 menit itu sudah dalam keadaan bertoping. Alhamdulillah si topping jadi lebih nempel.

TIPS tambahan:
Saya sendiri kurang puas dengan kualitas roti yang dihasilkan, entah krn emang sy yang salah atau resepnya kurang mantab hee.. KAlau boleh saran, lebih baik pakai resep bikin roti seperti di resep pizza yg pernah saya posting (pake bahan biangnya. LEbih empuk.

Nah coba pakai deh resep roti itu dengan takaran yang sesuai dengan takaran roti boy :D
Selamat mencobaaaaa (~^.^)~


Category: , 0 komentar

0 komentar:

Post a Comment